Sabtu, 31 Maret 2012

IPTEK

 
 

Hacking 259 Perusahaan, Remaja 15 Tahun Dibui

 
 
 
VIENA - Polisi Austria telah menangkap seorang anak 15 tahun karena dituduh melakukan hacking ke 259 perusahaan dalam 90 hari.

Dilasir Huffington Post (20/4/2012), menurut kantor polisi kejahatan federal Austria, anak itu dituduh menyerang rata-rata tiga website per hari. Anak yang tidak diketahui identitas lengkapnya itu telah mengakui kejahatannya.

Pihak kepolisian juga mengatakan bahwa remaja 15 tahun itu adalah hacker termuda yang ditahan di Austria.

"Kasus ini menunjukan betapa rentannya sistem komputer kami, dan disisi lain, ia juga menunjukan bahwa banyak anak muda yang mahir di bidang komputer dan teknologi," ujar Menteri dalam Negeri Johanna Mikl-Leitner.

Anak itu juga dicurigai mengakses situs untuk mengubah penampilannya."Walaupun mungkin tampak jelas menjadi sebuah lelucon, itu bukan pelanggaran kecil," kata Mikl-Leitner.

Pernyataan polisi Austria mengatakan, jumlah kejahatan web yang dilakukan orang yang berusia di atas 25 tahun 46 persen, 11 persen dilakukan oleh 10 sampai 21 tahun dan 17 persen usia 21-25 tahun.

Polisi mengatakan mereka akan fokus pada pencegahan melalui lokakarya di sekolah-sekolah untuk mendidik anak-anak Austria tentang dampak positif dan negatif dari internet. 

 

 

Lima Gadget High End Paling Diharapkan di 2012

 
NEW YORK - Sejumlah besar gadget keren di pasar hari ini tidak hanya  mencerminkan desain cerdas, inovasi dan estetika insinyur kelas dunia, tapi juga keinginan untuk menemukan kegunaan lebih dalam sebuah teknologi.

Diwartakan InternationalBusinessTimes, Selasa (17/4/2012), berikut adalah lima gadget paling menarik yang dirilis tahun ini.

1. Nikon D800 D-SLR
Nikon D800 Digital Camera SLR ini menawarkan jumlah pixel tertinggi di dunia yaitu  36,3 juta piksel. Kamera ini dilengkapi dengan mesin terbaru EXPEED 3 - Image Processing Engine serta Advance Scene Recognition System dengan sensor RGB 91.000-pixel.

Teknologi EXPEED 3 - Image Processing Engine akan meminimalkan pergeseran fase warna, menghasilkan warna dan tone yang lebih konsisten. Kamera ini juga dilengkapi dengan semua teknologi mutakhir, termasuk mode multi-area Full HD D-Movie  yang memungkinkan perekaman film rumah menggunakan format berbasis FX atau DX.

2. Sony Xperia Play
Sony Xperia Play adalah kombinasi berpotensi brilian dari smartphone Android dan konsol game genggam. Ia menawarkan tombol permainan nyata, termasuk tombol bahu dan joystick. Selain itu, gamer sekarang dapat menikmati game dengan suara stereo yang realistis.

Perangkat  berukuran 4 inci ini memungkinkan grafis 3D serta kemampuan game multiplayer dengan dukungan prosesor grafis Snapdragon.

3. Canon EOS 5D Mark III D-SLR
Pada tanggal 2 Maret, Canon mengumumkan kamera Canon EOS 5D Mark III Digital SLR. Kamera ini menawarkan teknologi optik khusus yang mencakup Kepadatan 61-Point High Density Reticular AF.

Selain itu, kamera ini juga memiliki sensor CMOS  full-frame 22,3 megapiksel dan Canon DIGIC 5 + Image Processor. Selain itu, gadget ini juga dilengkapi teknologi Intelligent Viewfinder, dipadu dengan sistem metering iFCL dan High Dynamic Mode (HDR).

4. Panasonic Eluga
Panasonic Eluga adalah smartphone tahan air dan tahan debu berbasis sistem operasi Android Gingerbread. Perangkat ini memiliki kamera berkekuatan 8 megapiksel autofocus, ditambah digital zoom dan penstabill gambar. Baterainya dibekali daya 1150mAh yang membuatnya bisa stand by hingga 300 jam serta waktu bicara hingga 240 menit.

5. Samsung Galaxy Note 10,1
Galaxy Note 10,1 menawarkan fungsionalitas multi layar yang bekerja baik dalam memfasilitasi multitasking, serta bisa menampilkan dua halaman internet atau aplikasi secara bersamaan.

Perangkat ini sudah mengadopsi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Di bagian belakangnya bertengger kamera tiga megapiksel dengan autofocus dan LED flash. Selain itu di bagian depannya memiliki kamera dua megapiksel untuk video chatting. Perangkat cerdas ini didukung prosesor dual-core 1,4 GHz, RAM 1GB dan chipset Exynos.

 

 

NASA Rencanakan Satelit Pemanen Tenaga Surya


WASHINGTON - Teknologi tenaga surya terus mengalami kemajuan, mulai dari panel surya sederhana sampai panel yang lebih efisien. Tetapi para ilmuwan NASA percaya langkah memaksimalkan energi berbasis matahari berikutnya akan tercapai melalui satelit permanen tenaga surya.

Idenya adalah menggunakan satelit dengan susunan cermin untuk mengumpulkan energi Matahari. Energi yang terkumpul akan dikirim kembali ke bumi dalam bentuk pancaran microwave. Demikian diwartakan PC World, Jumat (13/4/2012).

NASA berpendapat cara itu cukup realistis sehingga mereka mendanai kelompok Artemis Innovation Management Solutions untuk mengembangkan Solar Power Satellite via Arbirtrarily Large Phased Array (SPS-ALPHA).

Satelit ini akan berbentuk tulip dan dilengkapi film tipis cermin untuk memantulkan sinar matahari ke dalam sel photovoltaic. Energi matahari yang terkumpul akan diubah menjadi gelombang mikro, kemudian dikirim kembali ke stasiun penerima di Bumi dengan frekuensi dan intensitas rendah.

Pembangkit tenaga listrik di Bumi akan mengubah energi microwave menjadi listrik dan menambahkannya ke jaringan listrik. NASA mengatakan bahwa setiap susunan kaca bisa saja menghasilkan puluhan hingga ribuan megawatt energi.




Desainer Video Game Puji Angry Birds



TOKYO - Desainer Video Game dan Producer konsol Nintendo, Shigeru Miyamoto memuji sensasi permainan Angry Birds. Seorang Mastermind dari Nintendo yang bertanggung jawab pada judul game Mario, Donkey Kong itu menyukai game burung marah tersebut.

Dilansir Knowyourmobile, Jumat (13/4/2012), Miyamoto mengatakan, ia sebelumnya tidak pernah angkat bicara atau mengomentari pertanyaan mengenai game-game yang pernah ada saat ini. Kini, dia memberikan tanggapan mengenai game populer yang sukses di berbagai platform tersebut.

"Yang saya suka tentang Angry Birds adalah bahwa game itu memiliki nuansa atau rasa video game tradisional sekaligus sisi yang sangat kreatif. Dan Anda benar-benar dapat merasakan bahwa mereka (developer) merasa senang mengembangkan permainan itu," ujar Shigeru Miyamoto.

Hadirnya game Angry Birds tampaknya akan memberikan sedikit inspirasi bagi para pengembang, penerbit maupun seluruh stakeholder yang terkait di industri game, terutama game-game di perangkat mobile. Dia juga mengatakan, diperlukan total unduhan hingga 600 juta pada salah satu judul game terbesar seperti Angry Birds, sehingga menjadikan game besutan Rovio itu layak dijuluki sebagai game terbaik.

"Saya pikir kami juga memiliki sejarah dengan ide-ide tertentu dan menciptakan game yang menyenangkan. Lingkungan seperti ini mengilhami kami untuk berusaha lebih keras dan membuat sesuatu yang lebih, bahkan hal baru yang tidak terduga," tambahnya.


VANDROID

     

Kehidupan modern yang sangat dinamis menuntut semua orang bisa beraktivitas secara smart, cepat, tepat,dan akurat, di mana pun ia berada, namun tetap menyenangkan. Untuk itu smartphone menjadi gadget andalan untuk kebutuhan komunikasi. Berukuran relatif mungil sehingga praktis dibawa ke mana-mana, sayangnya peranti ini mempunyai keterbatasan memory dan aplikasi, sehingga smartphone lebih cocok sekadar untuk komunikasi sosialnya. 
     Para profesional masa kini membutuhkan gadget yang praktis dan handy untuk dibawa ke mana saja, namun mampu memenuhi kebutuhannya untuk bekerja kapan pun dan di mana pun ia berada sekaligus dapat digunakan untuk bermain, berinteraksi dengan semua orang. Tak heran jika kini memerlukan Tablet PC, perangkat digital yang memiliki kemampuan setara computer hi-end namun handy. Tanggap akan kebutuhan ini, Advan menghadirkan Vandroid T1C, Tablet PC dengan kinerja dahsyat yang menggunakan processor chipset Snapdragon buatan Qualcomm, Amerika. Advan Vandroid T1C merupakantablet PC dengan multifinger touch yang memiliki tingkat sensivitas sangat tinggi, sehingga hanya dengan sentuhan ringan Anda dapat dengan mudah mencari dan menggunakan aplikasi yang tersedia di dalamnya. 
     Fitur multifinger touch ini bisa merespon lebih dari satu sentuhan secara bersamaan sehingga membuat Anda nyaman dalam menjalankan aplikasi music atau game.Teknologi G-sensornya membuat sensasi permainan menjadi lebih nyata. Keunggulan chipset Snapdragonnya mempercepat semua proses kerja,seperti olahsuara, gambar, perhitungan,dan sebagainya,sehingga gadget ini dapat bekerja multitasking lebih baik. Konsumsi baterai juga lebih hemat karena hanya satu perangkat chipset yang bekerja. Ketahanan baterai merupakan hal yang penting karena konsumen Tablet PC pada umumnya menghabiskan sebagian besar waktunya di luar ruang. Dalam aplikasi game, Snapdragon juga bekerja maksimal dalam permainan-permainan 3 dimensi sehingga tidak akan terjadi lag(hang).
     Keunggulan lain chipset Snapdragon adalah bentuknya yang kompak sehingga Tablet PC tampil lebih ramping dan menawan, tanpa kehilangan kinerja optimalnya. Berbagai keunggulan inilah yang membuat Advan memilih Snapdragon Turbo 800 sebagai chipset Vandroid T1C yang dirancang untuk dapat bekerja maksimal. Vandroid T1C memiliki beberapa fitur unggulan, di antaranya koneksi 3.5G yang memungkinkan gadget ini senantiasa terkoneksi, tidak terkendala lokasi sehingga Anda senantiasa bisa meng-up-date informasi atau pekerjaan. Dengan battery stand by up to 49 jam, dual camera yang memungkinkan untPerpaduan keunggulan Snapdragon dan fitur-fitur Vandroid T1C membuatnya menjadi Tablet PC yang andal dan memilikivalue for money yang perlu diperhitungkan. (adv) (tyo)



Facebook Ciptakan Mesin Pencari?


CALIFORNIA – Facebook kembali membuat gebrakan terbaru dengan menciptakan mesin pencari baru. Mesin pencari ini, nantinya akan membantu orang lebih menavigasi semua yang ada jejaring sosial tersebut.

Facebook telah menempatkan dua lusin teknisi untuk mengerjakan proyek ambisius yang dipimpin oleh mantan teknisi Google, Lars Rasmussen. Menurut sumber yang dirahasiakan, tujuan Facebook dengan proyek ini adalah membantu menyaring jumlah konten di situsnya, seperti update status, artikel, video dan informasi lain di seluruh web yang di ‘like’.

Sejauh ini Facebook tidak melakukan banyak hal untuk memperbaiki atau menghasilkan uang dari mesin pencarinya, yang saat ini memungkinkan orang menemukan pengguna lain, brand, update status dan beberapa hasil web yang lebih banyak melalui kerjasama dengan Bing, mesin pencari Microsoft.

Namun, Facebook belum terlalu memfokuskan perhatiannya pada kotak mesin pencari kecil yang terletak di bagian atas halaman pengguna. Maka jika benar-benar membuat mesin pencari sosialnya sendiri, Facebook akan ikut ‘berburu’ di wilayah Google. Seperti diketahui raksasa internet itu bergerak ke arah yang berlawan dengan meluncurkan jejaring sosial, Google+.

Menurut editor West Coast dari situs teknologi The Next Web, Drew Olanoff, Facebook bisa membuat pengalaman pencarian yang sangat berbeda dari Google dengan menggunakan sejumlah besar data pribadi.

“Dengan daftar, ‘like’ dan koleksi data, Facebook bisa mengizinkan kita melakukan pencarian langsung dengan sekelompok orang yang terbatas,” ujarnya, seperti dilansir dari Telegraph, Sabtu (31/3/2012).

Tapi meski sudah dikabarkan membuat mesin pencari, seorang juru bicara Facebook menolak untuk berkomentar.





Pendeteksi Wajah Bisa Tebak Usia





CALIFORNIA – Pengguna tanda pengenal palsu sebaiknya mulai berhahati-hati, karena kini ada perangkat lunak pengenal wajah yang bisa mendeteksi umur. Berkat perangkat lunak pengenal wajah baru, Face.com API yang digunakan oleh aplikasi foto, dapat mendeteksi usia dan suasana hati individu.

API ini terintegrasi dalam Photo Finder dan Photo Tagger Facebook. Maka dengan pembaruan ini, aplikasi-aplikasi tersebut akan bisa membuat daftar umur, usia minimum dan usia maksimum orang yang ada di foto. Selain itu juga ada fitur untuk menentukan mood seseorang di foto.

Dilansir dari Mashable, Sabtu (31/3/2012), ketika aplikasi itu diuji, situs tersebut menemukan hasil yang beragam. Sedangkan untuk pengenalan wajah yang diperbarui bisa memprediksi usia dengan melihat indikator seperti keriput dan tekstur kulit.

Teknologi ini dapat dihubungkan ke kontrol aplikasi orangtua atau digunakan oleh perusahaan untuk membatasi konten berdasarkan usia pengguna dan ketertarikannya.

Sebagai bagian dari update terbaru tersebut, Face.com mengatakan bahwa pengenalan wajah lebih akurat 30 persen. Rumusnya adalah dengan cara baru untuk mendeteksi pose dan memposting ketertarikan di foto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar